Saturday, June 28, 2008

Sihir Perempuan


Kumpulan Cerpen

Penulis: Intan Paramaditha

Penerbit: Kata Kita


Buku ini berisi 11 cerpen yang menceritakan perempuan dari sisi mistis. Jadi semua cerpen dalam buku ini berkaitan dengan hantu, darah, kegelapan, vampir dan pembunuhan. Jangan khawatir, gaya penceritaan di cerpen-cerpen ini bukan seperti gaya penceritaan sinetron mistis religi yang sekarang banyak di tayangkan di tv, jadi tetap asyik untuk dibaca.

Ada beberapa cerita yang menurut saya berkesan pada kumpulan cerpen ini. Misalnya pada cerpen “Perempuan Buta tanpa Ibu Jari”. Cerita ini menghadirkan tokoh utama “Sindelarat”. Kisahnya memang mengadopsi dari cerita Cinderella yang sudah sering kita baca. Tapi penyelesaian cerita pada cerpen ini bukan seperti biasanya dan yang pasti melibatkan banyak darah.


Ada juga cerita tentang boneka porselen dalam “Sejak Porselen Berpipi Merah itu Pecah”. Cerita dalam cerpen ini mengingatkan saya pada cerita prajurit berkaki satu dan penari balet yang ada di kumpulan cerita HC Andersen. Penari balet digambarkan oleh boneka porselen. Boneka porselen ini justru tidak mau disandingkan dengan pengantinnya, boneka porselen Yin Yin lebih suka berada dalam peti yang gelap, karena dia suka kegelapan dan ingin bertemu kekasihnya dalam kegelapan yaitu setan (Huiiiii….sereeeem ‘kan…..

Cerita yang paling berkesan menurut saya adalah “Darah”. Yang membuat saya terkesan dengan cerita ini adalah mitos tentang adanya hantu perempuan pemakan darah. Saya pertama kali mendengar mitos itu saat saya SMP. Saat itu saya benar-benar percaya dengan cerita itu dan membuat saya jadi hati-hati berurusan dengan darah. Ternyata penulis cerpen ini juga punya cerita dengan mitos itu. Apa memang mitos itu selalu diceritakan pada setiap anak perempuan? Dan apakah mitos itu memang benar adanya?

Buku ini saya temukan September lalu di Palasari. Dilihat dari cover-nya, buku ini didominasi warna gelap, kesannya sudah serem. Begitu saya membuka plastik pembungkusnya, kesan seremnya jadi bertambah. Kertas buku ini ternyata kertas buram dengan bau kertas yang menurut saya bisa menambah kesan seram. Untuk membuktikannya, silahkan baca sendiri buku ini. Pesan saya, jangan baca buku ini pada waktu anda sedang sendirian di rumah………………


My theory is that people who don’t like mystery stories are anarchist”(Rex Stout)

No comments: